Puskesmas Pembantu Desa Batu Belah Siantan Timur

Beranda » Kegiatan Pustu » Penyuluhan Sehat Mengenai Jamban Sehat dan Pengelolaan Sampah

Penyuluhan Sehat Mengenai Jamban Sehat dan Pengelolaan Sampah

Blog Stats

  • 38,466 hits

BATU BELAH. Hari Kamis, 29 Desember 2011 dilaksanakan Penyuluhan Sehat di Gedung Posyandu Anyelir Desa Batu Belah. Dokter keluarga mengundang ketua-ketua RT dan tiga orang perwakilan warganya untuk menghadiri acara penyuluhan. Peserta penyuluhan yang hadir berjumlah 12 orang.

Dokter keluarga membuka acara pukul 14.10. Penyuluhan menggunakan alat bantu penyuluhan laptop. Penyuluhan membahas mengenai syarat-syarat jamban sehat, jenis-jenis jamban, komponen jamban, serta aplikasi di wilayah Desa Batu Belah. Pada kesempatan tersebut disampaikan juga tentang perlunya membuat program jamban sehat. Mekanisme pembuatan jamban yang ditawarkan oleh dokter keluarga ada dua pilihan paket yaitu paket Septik Tank saja, yang kedua paket Septik Tank dan bangunan jamban. Paket 1 ditawarkan seharga Rp. 1.500.000,00 dicicil selama 12 bulan. Sedangkan paket 2 ditawarkan seharga Rp. 3.500.000,00 dicicil selama 12 bulan. Pemungutan iuran dilakukan oleh Kader Desa Siaga.

Mengenai sampah, disampaikan mengenai jenis-jenis sampah, dampak negatif sampah, kondisi pengelolaan sampah di Desa Batu Belah dan penyelesaian masalah sampah. Untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Desa Batu Belah, dokter keluarga mengajukan penawaran kepada warga untuk membuat sistem pengelolaan sampah yang terpadu dan berkelanjutan. Untuk membuat sistem pengelolaan sampah yang teratur dan berkelanjutan diperlukan pengadaan alat pewadahan (tong sampah), pengumpulan (petugas sampah, gerobak sampah), dan tempat penampungan akhir sampah. Total biaya yang diperlukan adalah Rp.30.500.000,00. Sumber dananya diambil dari iuran warga dan permintaan proposal ke pihak tertentu. Pada pertemuan tersebut secara umum para ketua RT menyatakan setuju pada mekanisme iuran warga sebesar Rp.20.000,00 satu bulan setiap KK. Namun keputusan resmi akan ditetapkan pada Musyawarah Masyarakat Desa pada bulan Januari 2011.

Di akhir acara, dokter keluarga meminta ketua-ketua RT untuk mendata warganya yang berminat untuk mengikuti Program Jamban Sehat. Data nama-nama masyarakat yang akan mengikuti Program Jamban Sehat akan diserahkan ke Pustu Batu Belah paling lambat hari Senin 2 Januari 2011 oleh ketua RT.


1 Komentar

  1. candra mengatakan:

    sangat…. bagus…
    trimakasih atas materinya…
    moga semakin berkembang dan materinya bertambah
    dan perlu ditambahkan juga mengenai penyakit di masyarakat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: