Puskesmas Pembantu Desa Batu Belah Siantan Timur

Beranda » Berita Internal » Menghadiri Undangan Kunjungan Reses Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas

Menghadiri Undangan Kunjungan Reses Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas

Blog Stats

  • 38,466 hits

BATU BELAH. Hari Senin, 10 Oktober 2011, bertempat di Gedung Posyandu Anyelir Desa Batu Belah diadakan pertemuan dengan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Bapak Acuk. Agenda pertemuan ini adalah untuk menampung aspirasi dari masyarakat. Dalam pertemuan ini Pak Acuk mengundang 80 orang perwakilan masyarakat dari berbagai kalangan baik guru, alim ulama, nelayan, dan salah satunya dokter keluarga.

Acara dimulai pukul 10.00 dimulai dengan pembukaan oleh Kepala Desa Batu Belah dan dilanjutkan dengan perkenalan dan pemaparan dari Bapak Acuk. Pak Acuk menjelaskan kondisi terkini Kabupaten Kepulauan Anambas secara umum selama satu jam. Setelah itu, dibuka kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya melalui sesi tanya jawab.

Pertanyaan pertama dari Bapak Suhardi, Kepala Sekolah SMPN Satu Atap Batu Belah. Pak Suhardi memaparkan bahwa SMPN Satu Atap Desa Batu Belah telah berdiri selama 3 tahun namun hingga saat ini belum memiliki akreditasi karena masih banyak fasilitas yang kurang seperti perpustakaan sekolah, ruang UKS, dan lain-lain. Bapak Suhardi meminta kepada pemerintah untuk menyalurkan dana untuk membantu pembangunan fasilitas tersebut. Selain itu, Bapak Suhardi juga mengajukan permintaan penambahan guru karena saat ini di SMPN Satu Atap Batu Belah guru yang mengajar banyak yang tidak sesuai dengan mata pelajaran aslinya, contohnya guru yang mengajar PPKN bukan guru PPKN tapi guru Matematika.

Pada kesempatan kedua, saya mengajukan diri untuk bertanya. Pada kesempatan langka tersebut, saya memperkenalkan diri dan menyampaikan permasalahan yang saya hadapi terkait masa 6 bulan pertama menjalankan tugas di Desa Batu Belah.

Masalah pertama adalah bangunan Pustu Batu Belah yang masih separuh jadi. Pustu Batu Belah adalah Pustu yang paling buruk kondisi bangunannya se-Kabupaten Kepulauan Anambas dikarenakan kondisi lantai Pustu belum berkeramik dan kamar mandinya belum dapat berfungsi. Saya menyampaikan permintaan untuk diadakan perbaikan dan pelengkapan bangunan Pustu agar pelayanan kesehatan dapat berjalan optimal.

Lantai bangunan Pustu masih belum berkeramik

WC Pustu belum dapat difungsikan

Pertanyaan kedua, saya menyampaikan mengenai kurangnya dukungan pemerintah dalam mempromosikan perilaku hidup sehat dan bersih. Kebijakan pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas saat ini belum berwawasan kesehatan. Dalam pembangunan pelabuhan maupun bangunan-bangunan fisik seperti sekolah, rumah kepala dinas, dan gedung pertemuan tidak dilengkapi dengan penyediaan tempat sampah dan jamban sehat sehingga masyarakat tetap membuang sampah ke laut dan merusak lingkungan. Pembangunan yang berwawasan kesehatan termasuk upaya promotif dan preventif sangat penting diterapkan oleh pemerintah. Bapak Acuk menanggapi secara positif dan menyatakan bahwa pembangunan Pustu dapat segera dimulai dengan membangun gedung baru dan membiarkan gedung yang lama.

Kesempatan bertanya ketiga diajukan oleh Ketua PKK Desa Batu Belah. Setelah acara selesai, Bapak Kepala Desa mengajak Bapak Acuk meninjau gedung Pustu Batu Belah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: