Puskesmas Pembantu Desa Batu Belah Siantan Timur

Beranda » Berita Internal » Peluncuran Program STOP Merokok!

Peluncuran Program STOP Merokok!

Blog Stats

  • 38,466 hits

BATU BELAH. Hari Senin, 11 Juli 2011, dilakukan peluncuran program baru Pustu Desa Batu Belah Siantan Timur yaitu Program STOP Rokok. Program STOP Rokok ini adalah salah satu bentuk program inovasi yang bertujuan untuk mengurangi jumlah perokok di Desa Batu Belah. Peluncuran program ini juga beriringan dengan penerbitan BUPUS yang membahas tema mengenai bahaya rokok bagi kesehatan.

Program STOP Rokok ini merupakan suatu upaya kontinyu menghentikan kebiasaan merokok pasien. Pada minggu pertama, pasien diberi lembaran untuk mencatat waktu merokok setiap harinya dan jumlah rokok yang dihisap sambil berusaha mengurangi jumlah rokok yang dihisap. Minggu kedua pasien diberikan substitusi berupa permen karet yang dimakan setiap waktu merokok sesuai dengan hasil pencatatan pada minggu pertama.

Selanjutnya pasien kontrol ke pustu seminggu sekali untuk melihat kemajuan pasien serta pemberian substitusi apabila masih diperlukan. Pada minggu pertama terdapat tiga orang perokok yang mengikuti program ini. Satu orang perokok sudah dapat mengurangi jumlah rokok dari 3 bungkus (48 batang) menjadi hanya 1 batang dalam waktu satu minggu. Diharapkan semakin banyak lagi masyarakat yang menyadari bahaya rokok dan menghentikan kebiasaan merokok.


2 Komentar

  1. reglest mengatakan:

    Primz, boleh bagi pelaksanaan programnya bagaimana?
    Di sini cukup susah, sebab dalam bulan ini sudah kira2 3 pasien yg kucurigai PPOK datang, dan kalau tanya riwayat pasien di sini rata2 mulai merokok sejak duduk di sekolah dasar, tidak terkecuali wanitanya

    Thanks a lot before

    • Prima Almazini mengatakan:

      Di sini dipakai lembar isian yang harus diisi oleh perokok setiap kali merokok. Perokok diedukasi untuk mengurangi jumlah rokok yang dihisap dan menggantinya dengan permen karet, lalu perokok diedukasi untuk kembali lagi ke pusat pelayanan kesehatan 1 minggu kemudian. Perokok juga diberi tablet vitamin C 1000 mg sehari. Evaluasi terus dilakukan setiap 1 minggu sekali sampai benar-benar berhenti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: